KASAT LANTAS POLRES BANGKEP HADIRI RAPAT KOORDINASI FORUM LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN WILAYAH BANGGAI LAUT

No Comment Yet

20170801_201849Polres Bangkep – Menghadapi segala permasalahan lalu lintas yang ada di lapangan, tidak hanya dilakukan oleh institusi Polri khususnya fungsi lalu lintas, melainkan merupakan tanggungjawab seluruh stakeholder yang membidangi lalu lintas. Sadar akan hal tersebut, Pemerintah daerah kabupaten Banggai Laut dalam hal ini Dinas Perhubungan Banggai Laut menggelar rapat koordinasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan wilayah Banggai Laut, Selasa (1/8/2017).

Rapat koordinasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan wilayah kabupaten Banggai Laut dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Banggai Laut Dra. TUTY HAMID dan turut diikuti oleh Kapolres Bangkep yang diwakili oleh Kasat Lantas IPTU JOLLY R. LENGKONG, SH, Kepala Dinas Perhubungan kabupaten Banggai Laut ASWIN MUSA, SH, Kapolsek Banggai AKP ABDILAH B MASIA, SH, Sekdis Dishub kab. Banggai Laut, para staf Dishub, Perwakilan Organda kabupaten Banggai Laut, Akademisi dari Universitas Muhammadiyah Luwuk, Dinas PU, Bappeda dan tokoh masyarakat Banggai Laut.

Dilaksanakannya kegiatan ini dimaksudkan untuk mengkaji dan mencari solusi terhadap permasalahan-permasalahan yang ada terkait Lalu lintas. Dalam rapat kali ini, membahas beberapa permasalahan, yaitu :

  1. Pemasangan rambu-rambu lalu lintas dalam memberikan keamanan dan keselamatan saat berlalu lintas di jalan.
  2. Sosialisasi dan penindakan hukum terhadap pengguna jalan yang tidak tertib.
  3. Rencana kegiatan rekayasa lalu lintas, tentang rekayasa satu jalur dalam kota Banggai.
  4. Pemasangan zona selamat sekolah

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Banggai Kepulauan AKBP IDHAM MAHDI, SIK, MAP melalui Kasat Lantas IPTU JOLLY R. LENGKONG, SH yang juga mengikuti sekaligus sebagai pembicara dalam rapat koordinasi ini menyampaikan bahwa terkait dengan rekayasa satu jalur yang akan dilaksanakan di dalam kota Banggai memang perlu untuk dilakukan, mengingat jumlah kepadatan kendaraan yang ada di kota Banggai semakin meningkat. “Akan tetapi guna memaksimalkan rekayasa satu jalur ini, terlebih dahulu dibuatkan peta jalan yang akan digunakan, yang selanjutnya disosialisasikan kepada masyarakat. Selanjutnya dalam pelaksanaan nantinya, juga secara berkesinambungan sosialisasi terus dilakukan antara 1 hingga 3 bulan sebelum ke tahap penindakan,” tutur Kasat Lantas.

Hal yang sangat menarik dalam kegiatan ini tentang adanya Zona Selamat Sekolah (ZOSS). Tersedianya ZOSS di kawasan sekolah menjadi salah satu indikator pelaksanaan kota sehat. Sehingga pemerintah kabupaten/kota dipandang perlu melaksanakan tatanan lalu lintas dan transportasi darat yang sehat. Salah satu poinnya, adalah penyediaan ZOSS di sekolah-sekolah yang berbatasan dengan jalan raya. “Di kawasan ZOSS itu seluruh kendaraan harus menurunkan laju kecepatan kendaraan. Itu sudah diatur dalam UU Lalu Lintas,” papar IPTU JOLLY R. LENGKONG, SH.

Di akhir pembahasannya, Kasat lantas menuturkan bahwa kegiatan seperti ini sangat baik dan diharapkan untuk kedepannya rapat semacam ini kiranya lebih diintensifkan secara rutin dalam rangka memberikan situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar kepada masyarakat.

Humas Polres Bangkep – www.polresbangkep.com

POLRES BANGKEP
Up Next

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *