Kapolres dalam menyampaikan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia KHOFIFAH INDAR PARAWANSAH mengatakan, bahwa peringatan Hari Pahlawan sebagai momen refleksi untuk mengenang atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan. Hal ini ditandai dengan perjuangan para Pahlawan yang dengan gagah berani mengusir penjajah dari negeri Indonesia ini, yang didasarkan pada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Bung Karno pernah menegaskan bahwa “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya”. Kalimat singkat dari Bung Karno ini memiliki makna yang sangat mendalam bagi kita semua. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara besar, yakni Republik Indonesia.

Saat ini harapan akan masa depan yang lebih baik tersebut telah ditambatkan oleh Pemerintahan Presiden Bapak Joko Widodo dan Wakil Presiden Bapak H.M. Jusuf Kalla melalui sebuah visi transformatif yang mengarahkan dan menghimpun gerak seluruh elemen Republik Indonesia yakni : “Terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong – royong.”

Disampaikan pula bahwa “Persatuan Indonesia adalah sebuah prasyarat bagi kita menjadi bagian dari kekuatan yang tengah tumbuh, the rising force bersama dengan bangsa-bangsa lain yang saat ini menjadi sorotan kemajuan seperti China, India dan Korea untuk menjadi menara-menara baru pembawa obor kemanusiaan. Membawa cahaya baru yang menjadi pandu kemajuan dunia berlandaskan nilai-nilai Ketuhanan dan Kemanusiaan yang sejalan dengan nilai-nilai dasar negara kita yakni Pancasila.

Diakhir amanatnya, Kapolres menambahkan dengan menghimbau kepada seluruh personil jajaran Polres Bangkep untuk mampu melaksanakan tugas-tugas yang telah diamanatkan dengan profesional, modern dan terpercaya guna menjadi bagian dalam mengisi perjuangan para Pahlawan yang telah berkorban memberikan Kemerdekaan yang dapat kita rasakan hingga saat ini.

Humas Polres Bangkep – www.polresbangkep.com