Kabag Ops Polres Poso Hadiri Simulasi Bencana Banjir Di Desa Maranda

No Comment Yet

Tribratanews.polri.go.id – Situasi alam akhir-akhir ini sangat memprihatinkan karena banyaknya bencana alam yaitu banjir/tanah longsor yang terjadi di berbagai kota di Indonesia Menyikapi hal tersebut pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah universitas tadulako Kota palu bekerjasama dengan kantor BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Poso melaksanakan simulasi penanggulangan bencana banjir yang bertempat di lapangan Desa Maranda Kecamatan Poso Pesisir Utara Kabupaten Poso. Senin (04/12/2017).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kaban BPBD Kabupaten Poso Ir. Masdian Mentiri M.Si, Camat Poso Pesisir Utara Ruslan Baba S.Sos, M.Si, Kasat Pol. PP Kabupaten Poso, Kabag Ops Polres Poso AKP Anton Muhammmad SH, Kasat Samapta Polres Poso Iptu Marthen Tibe, Kades Maranda Muh.Iksan Mompala S.Sos, PMI 5 Orang, Damkar 5 Orang, TNI/Polri 45 Orang, BPBD 30 Orang, Tagara 10 Orang, Dinsos 5 orang, Orari 6 Orang, Kapolsek Poso Pesisir Utara Ipda Supriadi Bakri SH, anggota Polsek Poso Pesisir Utara masyarakat sekitar 350 Orang.

Masyarakat Desa Maranda sangat antusias menyaksikan acara simulasi itu, Kegiatan di awali dengan upacara selanjutnya para peserta langsung melaksanakan simulasi penanggulangan banjir/tanah longsor. Ketika pembawa acara menyampaikan bahwa telah terjadi banjir di Desa Maranda, Kepala Desa langsung menyampaikan kepada camat Poso Pesisir Utara dan kemudian camat langsung memberitahukan kepada pemerintah daerah Kabupaten Poso sehingga secepatnya pemerintah langsung mengadakan rapat darurat penanggulangan banjir setelahnya itu langsung merapat ke TKP.

“Tolong pak, tolong pak masih banyak saudara kami yang hanyut dan masih ada di sungai itu pak, tolonnngg kami….”. Ucap sebagian masyarakat yang sudah di selamatkan di tempat pengungsian.

“Mendengar ada suara isak tangis dan minta tolong dari warga, tiba-tiba kami keluar rumah, rupanya ini hanyalah sebuah simulasi, hahahaha”. Pungkas beberapa warga dengan canda tawa saat di temui.

Kegiatan penyelematan korban yang masih hidup maupun sudah meninggal yang di lakukan dari instansi terkait di bantu TNI/Polri sangat membuat suasana saat itu seolah-olah ini semua kenyataan di saat ada musibah banjir dan tanah longsor, tapi itulah situasi yang sebenarnya kita lihat.

TNI/Polri terlihat sangat lihai dan cekatan ketika membantu korban yang terdampar/terbawa arus air di sungai, di bantu lagi dari satuan BNBP serta dinas kesehatan semuannya di lakukan dengan maksimal tanpa mengenal lelah dalam kegiatan tersebut.

Kapolres Poso AKBP Bogiek Sugiyarto SH, S.I.K, melalui Kabag Ops AKP Anton Muhammad SH, mengatakan semua yang dilakukan ini bertujuan agar nantinya di saat terjadi musibah alam seperti tanah longsor banjir kita sudah tidak kaget lagi dan selalu siap dalam membantu masyarakat yang membutuhkan pertolongan.

“Ucapan terima kasih dukungan dari masyarakat dan instansi yang begitu mendukung kegiatan ini sehingga semuanya berjalan dengan baik dan lancar”. Tutup pak Anton sapaan akrabnya dan murah senyum itu saat di temui usai kegiatan.

Penulis  : Fururi Lamunsari

Editor    : Fururi Lamunsari

Publish :  Muchlis

POLRES POSO
Up Next

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *