Kapolres Tolitoli : Fokus Utama Berantas Narkoba Ditahun 2018

No Comment Yet

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sulteng, Tolitoli. Data menunjukkan, tindak pidana di wilayah hukum Kepolisian Resor Tolitoli, Sulawesi Tengah, meningkat pada 2017 ini.

Kepala Polisi Resor Tolitoli Ajun Komisaris Besar Muhammad Iqbal Alqudusy menyebutkan, pada 2017 tercatat 382 kasus, sedangkan pada 2016 ada 321 kasus. Demikian yang tertulis dalam rilis yang diterima LensaCelebes.com, Sabtu 30 Desember 2017.

Tindak kejahatan tersebut meliputi pencurian biasa, penipuan, kekerasan dalam rumah tangga, curanmor, penganiayaan, pencabulan, jambret, perzinahan, penghinaan, pengancaman, perusakan, perampasan hak, perjudian, pencemaran nama baik, penemuan bayi, penadahan, penggelapan, pemalsuan, pembunuhan, percobaan pemerkosaan, penelantaran, aborsi dan narkoba.

Berdasarkan jumlah perkara, kasus pencurian biasa yang semula 83 kasus pada 2016 menjadi 99 kasus di 2017. Kemudian kasus penganiayaan biasa dari 50 menjadi 56 kasus pada 2017. Menyusul kasus penggelapan dari 19 menjadi 36 kasus pada 2017.

“Adapun kasus yang mengalami penurunan adalah pencurian motor dari 48 kasus menjadi 36 kasus pada 2017,” kata Iqbal.

Pada 2017 ini, Polres Tolitoli berhasil mengungkap satu kasus menonjol, yaitu kasus pencabulan dengan korban mencapai 21 orang anak di bawah umur (siswi SD Tolitoli, kelas 1,2, dan 4). Tersangkanya merupakan tenaga pendidik di Kecamatan Galang, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah.

Disamping itu, kata Iqbal, Polres Tolitoli juga berhasil mengungkap kasus penemuan mayat di Kecamatan Dondo, Kabupaten Tolitoli pada Rabu, 13 Desember 2017. “Pelakunya sudah ditangkap pada Jumat, 22 Desember 2017,” ujarnya.

Iqbal mengatakan, upaya penegakan hukum di wilayah Kabupaten Tolitoli terus dilakukan, sebagaimana kebijakan Kepala Polisi RI Jenderal Tito Karnavian, yakni berantas narkoba, ilegal loging, korupsi, dan kejahatan jalanan.

“Untuk narkoba selain represif juga langkah preventif. Dengan mewujudkan setiap desa/kelurahan bebas narkoba pada 2018. Ujung tombaknya adalah tiga pilar di desa, Babinkamtibmas, Babinsa dan Kepala Desa,” katanya.

POLRES TOLITOLI
Up Next

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *